Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Build

Representasi Nasionalisme Dalam Kegiatan Soft Selling Produk Sasa Rendang Pada Konten Youtube Kimbab Family

Silfi, Ananda (Unknown)
Robbikal Muntaha Meliala (Unknown)
Teguh Tri Susanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2025

Abstract

YouTube telah menjadi media komunikasi visual yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan termasuk mempromosikan produk dan menyebarkan nilai-nilai budaya. Salah satu konten yang memanfaatkan pendekatan tersebut adalah video Kimbab Family berjudul “Masak Rendang Untuk Teman Dekat Suami Di Korea!!” menjadi contoh yang menarik dalam hal ini. Dalam video tersebut memperlihatkan bagaimana nasionalisme digambarkan melalui aktivitas soft selling yang dikemas dalam kehidupan sehari-hari, melalui simbol kuliner Indonesia yaitu rendang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana representasi nasionalisme ditampilkan dalam kegiatan soft selling produk Sasa Rendang pada konten YouTube Kimbab Family. Metode analisis yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan kajian semiotik Charles Sanders Peirce melalui tiga elemen: sign, objek, dan interpretant. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang mendalam tentang bagaimana media digital seperti YouTube dapat menjadi sarana efektif dalam menyampaikan nilai-nilai nasionalisme melalui pendekatan soft selling yang dikemas secara halus dan emosional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...