Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Published

URGENSI PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SMAN 3 SAPE, BIMA

Khaidar, Muhammad (Unknown)
Hasibuddin, M (Unknown)
Syahid``, Akhmad (Unknown)
Mustamin (Unknown)
Wahab, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2025

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan mendeskripsikan urgensi pemanfaatan media pembelajaran audio visual terhadap peningkatan prestasi Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas X-A SMA Negeri 3 Sape, Bima. Studi kasus digunakan sebagai pendekatan. Metode pengumpulan data meliputi observasi partisipan, analisis dokumentasi, dan wawancara. Rumusan masalahnya adalah: (1) Bagaimana urgensi pemanfaatan media audio visual dalam meningkatkan prestasi belajar PAI? (2) Apa kelebihan dan kekurangan media audio visual dalam meningkatkan prestasi belajar PAI? Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media audio visual sangat berpengaruh positif terhadap peningkatan prestasi siswa. Peneliti juga mengidentifikasi faktor kelemahan dan kekurangan dalam penggunaannya. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pemanfaatan media pembelajaran audio visual sangat penting dan berpengaruh baik bagi peningkatan prestasi siswa. Kelebihannya antara lain memotivasi peserta didik lebih baik dibandingkan metode konvensional. Kelemahannya terletak pada proses penyediaan alat yang memakan waktu dan keterbatasan pengetahuan guru dalam menggunakan media tersebut. Penelitian ini menyoroti perlunya pelatihan guru dan penyediaan fasilitas yang memadai untuk memaksimalkan potensi media audio visual dalam pembelajaran PAI.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...