Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana efektivitas mini drum dalam mengembangkan kecerdasan musikal anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 1 Kota Padang. Penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan berdasarkan fakta dilapangan yang menunjukkan bahwa kecerdasan musikal anak belum berkembang secara maksimal, seperti anak yang tidak merespon dalam bernyanyi, sulit untuk mengikuti setiap ketukan dan tempo musik, serta sulit untuk mencocokkan nada dan irama sesuai dengan lagu yang didengarkan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk quasi eksperimen. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu empat puluh empat anak, dengan sampel penelitiian B1 sebagai kelas eksperimen dan B2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Prosedur pengumpulan data melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji effect size dengan menggunakan SPSS 30 for windows. Hasil penelitian pada pre-test menemukan bahwa kelompok kontrol memperoleh rata-rata 12,80 dan kelompok eksperimen memperoleh rata-rata 13,70. Setelah dilakukan treatment skor post-test rata-rata adalah 25,70 pada kelompok eksperimen dan 2016 pada kelompok kontrol. Nilai sig (2-tailed) yang diperoleh dari uji t adalah 0,003 0,05. Dapat disimpulkan terdapat efek yang signifikan antara mini drum terhadap perkembangan musikal.
Copyrights © 2025