Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Build

EFEKTIVITAS MINI DRUM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN MUSIKAL ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 1 KOTA PADANG

Maisha Rahmadeta (Unknown)
Indra Yeni (Unknown)
Serli Marlina (Unknown)
Nur Hazizah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana efektivitas mini drum dalam mengembangkan kecerdasan musikal anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 1 Kota Padang. Penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan berdasarkan fakta dilapangan yang menunjukkan bahwa kecerdasan musikal anak belum berkembang secara maksimal, seperti anak yang tidak merespon dalam bernyanyi, sulit untuk mengikuti setiap ketukan dan tempo musik, serta sulit untuk mencocokkan nada dan irama sesuai dengan lagu yang didengarkan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk quasi eksperimen. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu empat puluh empat anak, dengan sampel penelitiian B1 sebagai kelas eksperimen dan B2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Prosedur pengumpulan data melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji effect size dengan menggunakan SPSS 30 for windows. Hasil penelitian pada pre-test menemukan bahwa kelompok kontrol memperoleh rata-rata 12,80 dan kelompok eksperimen memperoleh rata-rata 13,70. Setelah dilakukan treatment skor post-test rata-rata adalah 25,70 pada kelompok eksperimen dan 2016 pada kelompok kontrol. Nilai sig (2-tailed) yang diperoleh dari uji t adalah 0,003 0,05. Dapat disimpulkan terdapat efek yang signifikan antara mini drum terhadap perkembangan musikal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...