Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan alphabet leap terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Darul Falah Kota Padang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan quasi experimental dengan nonequivalent control group design. Populasi penelitian seluruh anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah Kota Padang dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling yaitu B1 dan B2 dengan jumlah masing-masing 10 orang anak. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes. Analisis data melakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Berdasarkan analisis data penelitian secara keseluruhan terjadi kenaikan skor terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen jumlah skor pre-test 154 dengan rata-rata 15,4 dan post-test 217 dengan rata-rata 21,7, sedangkan pada kelas kontrol jumlah skor pre-test 138 dengan rata-rata 13,8, dan post-test 176 dengan rata-rata 17,6. Pada uji hipotesis dengan independent sample t-test nilai 0,004 <0,05. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan alphabet leap berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Darul Falah Kota Padang.
Copyrights © 2025