Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Build

PENGARUH PERMAINAN ALPHABET LEAP TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK DARUL FALAH KOTA PADANG

Diva Olievia, Mozza (Unknown)
Nur Hazizah (Unknown)
Dadan Suryana (Unknown)
Yul Syofriend (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan alphabet leap terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Darul Falah Kota Padang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan quasi experimental dengan nonequivalent control group design. Populasi penelitian seluruh anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah Kota Padang dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling yaitu B1 dan B2 dengan jumlah masing-masing 10 orang anak. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes. Analisis data melakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Berdasarkan analisis data penelitian secara keseluruhan terjadi kenaikan skor terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen jumlah skor pre-test 154 dengan rata-rata 15,4 dan post-test 217 dengan rata-rata 21,7, sedangkan pada kelas kontrol jumlah skor pre-test 138 dengan rata-rata 13,8, dan post-test 176 dengan rata-rata 17,6. Pada uji hipotesis dengan independent sample t-test nilai 0,004 <0,05. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan alphabet leap berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Darul Falah Kota Padang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...