Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran Simulasi PhET terhadap hasil belajar matematika materi bilangan pecahan peserta didik kelas IV SDN 36 Pontianak Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan bentuk penelitian Quasi Experimental Design dengan jenis Nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IVa dan IVb dengan data yang diperoleh berupa pre-test dan posttest soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengaruh penggunaan media pembelajaran Simulasi PhET terhadap hasil belajar matematika materi bilangan pecahan peserta didik kelas IV SDN 36 Pontianak Selatan. Hal ini dilihat dari hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpualan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selain itu, hasil dari pengujian effect size diperoleh nilai effect size untuk sebesar 0,500066 yang tergolong kedalam kategori sedang. Ini menunjukkan Simulasi PhET berpengaruh terhadap hasil belajar matematika materi pecahan kelas IV
Copyrights © 2025