Latar Belakang: Masalah gizi pada anak usia sekolah masih menjadi isu kesehatan masyarakat di Indonesia. Selain kekurangan gizi, prevalensi kelebihan gizi juga meningkat akibat pola konsumsi yang tidak seimbang dan rendahnya literasi gizi. Tujuan: Kegiatan pengabdian masyarakat bertajuk “Edukasi Makanan Sehat di SD Negeri Cepaka Kabupaten Tabanan” bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku siswa sekolah dasar terhadap pentingnya konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Metode: Metode pelaksanaan meliputi penyuluhan interaktif, kuis edukatif, dan demonstrasi konsep Isi Piringku menggunakan media visual dan bahan makanan sederhana. Jumlah peserta sebanyak 90 siswa. Hasil: Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman siswa tentang konsep gizi seimbang, perubahan sikap terhadap pemilihan makanan sehat, serta dukungan positif dari guru dan pihak sekolah. Kesimpulan: Metode edukasi partisipatif dengan media visual efektif meningkatkan literasi gizi anak sekolah dasar serta berpotensi menjadi model edukasi berkelanjutan di lingkungan sekolah.
Copyrights © 2024