Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching
Vol. 14 No. 2 (2025): Lisanul Arab

Penerapan Modern Standar Arabic (MSA) dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Implementation of Modern Standard Arabic (MSA) in Arabic Language Learning

INDRIANA, DINA (Unknown)
Irfan Salim (Unknown)
Siti Maghfiroh (Unknown)
Khotijah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2025

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab dan mengetahui pengaruh penerapan MSA dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen adalah Penelitian yang dilakukan untuk menguji hubungan sebab-akibat antara dua atau lebih variabel dengan cara mengontrol, memanipulasi, dan mengamati pengaruh dari perlakuan atau intervensi yang diberikan terhadap kelompok eksperimen adalah penelitian eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) menghasilkan beberapa temuan penting. MSA terbukti memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam aspek keterampilan bahasa Arab, seperti membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara. Selain itu, pendekatan ini memudahkan mahasiswa untuk mengakses literatur Arab modern serta berkomunikasi dengan penutur asli dalam berbagai konteks formal. Namun, tantangan utama yang dihadapi adalah kurangnya penguasaan dasar tata bahasa Arab klasik bagi sebagian mahasiswa, yang terkadang memengaruhi pemahaman teks berbahasa Arab fushah secara mendalam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

laa

Publisher

Subject

Other

Description

This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or ...