Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan matematis siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 184/VII Meranti Baru II melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Latar belakang penelitian didasarkan pada rendahnya hasil belajar matematika siswa yang masih banyak berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), serta pembelajaran yang cenderung berpusat pada guru dan kurang inovatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa. Nilai rata-rata pra siklus sebesar 67,3% dengan ketuntasan 33,3%, meningkat menjadi 74% pada siklus I dan 84% pada siklus II. Dengan demikian, penerapan model Problem Based Learning terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan matematis, partisipasi aktif, serta motivasi belajar siswa.
Copyrights © 2025