Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 3 (2025): Volume 8 No. 3 Tahun 2025

PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MEMBENTUK KEDISLIPINAN DAN KESADARAN HUKUM SISWA MTS AN-NUR BULULUWANG MALANG

Firamadhani, Dhiaqul Firdausi (Unknown)
Sugara, Harry (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2025

Abstract

Kedisiplinan dan kesadaran hukum merupakan karakter penting dalam membentuk pribadi yang berkontribusi pada pembangunan bangsa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran guru Pendidikan Pancasila serta faktor penghambat dalam menumbuhkan kedisiplinan dan kesadaran hukum siswa MTs An-Nur Bululawang Malang. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan guru berperan sebagai teladan (modelling), fasilitator pengaturan diri (self-regulation), dan pemberi penguatan (reinforcement). Hambatan yang muncul meliputi perbedaan latar belakang, lingkungan, dan sosial siswa. Upaya guru dilakukan melalui pendekatan personal, kolaborasi dengan berbagai pihak, serta pembinaan dan penyuluhan mengenai pentingnya kedisiplinan dan kesadaran hukum.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...