Frasa: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra dan Pengajarannya
Vol. 6 No. 2 (2025): FRASA: JURNAL KEILMUAN BAHASA, SASTRA, DAN PENGAJARANNYA

ANALISIS KELAYAKAN BAGIAN DAN INSTRUMEN BUKU AJAR BAHASA INDONESIA BAB 3 BAGI MAHASISWA PGSD UNNES

Marcelia Fransiska (Unknown)
Dewi Purwati, Panca (Unknown)
Ailsa Azalia Cahyaningtyas (Unknown)
Nabila, Nabila Putri Anisa (Unknown)
Nesa, Nesa Rossy Pratiwi (Unknown)
Dwi, Dwi Ridhowati (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2025

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah masih ditemukannya kekeliruan pada aspek isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan dalam buku ajar yang digunakan di sekolah dasar, yang dapat memengaruhi efektivitas pembelajaran dan pencapaian kompetensi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan bagian dan instrumen pembelajaran pada buku ajar Bahasa Indonesia kelas IV SD Bab 3 “Lihat Sekitar” ditinjau dari aspek isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik dokumentasi dan analisis isi terhadap buku ajar Bahasa Indonesia edisi revisi tahun 2023 yang diterbitkan oleh Kemendikbudristek. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah Bab 3 “Lihat Sekitar”, dengan fokus pada isi materi, struktur penyajian, bentuk latihan, dan instrumen evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum buku ajar telah memenuhi indikator kelayakan berdasarkan Kurikulum Merdeka, mencakup kegiatan menyimak, membaca, menulis, dan berdiskusi yang kontekstual. Namun demikian, masih ditemukan beberapa kekurangan seperti kesalahan ejaan, ketidaksesuaian tanda baca, struktur paragraf yang kurang konsisten, ilustrasi kurang informatif, serta petunjuk dan soal evaluasi yang perlu disempurnakan. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar buku ajar dievaluasi kembali terutama pada aspek kebahasaan dan teknis instrumen pembelajaran. Rekomendasi juga ditujukan bagi mahasiswa PGSD, guru, dan pengembang kurikulum agar lebih kritis dalam menyeleksi dan mengembangkan buku ajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnalfrasa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The Frasa Journal contains articles and research results. The scope of the research includes learning and studying Indonesian Indonesian literature, both Indonesian as a first language, second language, and foreign language. The scope of research/articles that can be published in the Frasa Journal ...