J-CEKI
Vol. 4 No. 6: Oktober 2025

Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Media Sosial sebagai Upaya Peningkatan Kemandirian Ekonomi

Huda, Agnia Nurul (Unknown)
Untari, Dewi (Unknown)
Yanti, Yanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2025

Abstract

Pelatihan Kewirausahaan sangat penting bagi mahasiswa untuk kemadirian secara ekonomi kewirausahaan menjadi salah satu tantangan dalam membuat produk yang unik dan memiliki nilai keterampilan yang tinggi agar dapat menghadapi tantangan di dunia kerja. Dalam era digital, media sosial telah menjadi salah satu alat yang sangat efektif untuk dimanfaatkan dalam mempromosikan produk untuk memulai usaha baru dan mengembangkan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas yang dihasilkan oleh mahasiswa yaitu produk baru yang di kemas melalui media sosial yang nantinya akan menjadi keberlanjutan dan pelatihan kewirausahaan yang berbasis pemanfaatan media sosial bagi mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif objek dalam penelitian adalah mahasiswa semester 4 program studi Administrasi Bisnis universitas yang ada di kabupaten subang dengan pendekatan studi kasus yang telah mengikuti program pelatihan ini. Hasil penelitian yang didapat untuk mahasiswa adalah bahwa pemanfaatan media sosial memudahkan mahasiswa untuk memulai usaha berinovasi produk baru, media sosial yang di efektifkan adalah platform Instagram, mahasiswa dalam pelatihan penggunaan media sosial Instagram membuat produk yang menarik dan dikemas agar dapat meningkatkan kreativitas, keterampilan pemasaran, serta memperluas jaringan bisnis mahasiswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...