JURNAL MUQODDIMAH : Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Hummaniora
Vol 9, No 4 (2025): November 2025

Strategi Pemasaran Shop Barbara Speed dalam Meningkatkan Penjualan Melalui Media Instagram

Fikrianto, Icho Ade (Unknown)
Hariyanto, Didik (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2025

Abstract

Persaingan bisnis di era digital mendorong pelaku usaha memanfaatkan media sosial sebagai media promosi. Shop Barbara Speed, bengkel custom sparepart motor herex di Sidoarjo, memerlukan strategi untuk meningkatkan penjualan dan menjangkau pasar lebih luas. Penelitian ini bertujuan menjelaskan penerapan strategi marketing mix 4P (product, price, place, promotion) melalui fitur Instagram seperti Reels, Hashtag, Mention, dan Story. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data primer diperoleh melalui wawancara semi-terstruktur dengan pemilik dan tiga pelanggan serta dokumentasi konten visual Instagram, sedangkan data sekunder diperoleh dari observasi lapangan dan dokumen penunjang. Hasil menunjukkan strategi product menawarkan sparepart custom berkualitas, price dengan variasi harga transparan, place mengandalkan pemasaran digital, dan promotion memanfaatkan fitur Instagram untuk promosi organik. Strategi ini meningkatkan penjualan, dengan kenaikan tertinggi 150% pada produk knalpot. Melalui, pemanfaatan Instagram dengan strategi 4P efektif memperluas pasar, membangun citra merek, dan meningkatkan penjualan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

muqoddimah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Muqoddimah merupakan kumpulan penelitian ilmiah tentang Ilmu Sosial, khususnya yang berhubungan dengan disiplin Ilmu Sosial, Politik, Administrasi dan Humaniora, diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, tujuan pengembangan jurnal ...