Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan membuktikan hipotesis mengenai pengaruh inovasi pelayanan, e-word of mouth, dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen di Sate Siboen Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik non-probability sampling dan pendekatan incidental sampling. Besar sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Lemeshow, karena populasi yang pasti tidak diketahui, sehingga diperoleh jumlah responden sebanyak 96 orang. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa secara parsial variabel inovasi pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. Variabel e-word of mouth mempunyai pengaruh tetapi tidak signifikan secara statistik. Variabel kualitas produk juga menunjukkan pengaruh tetapi tidak signifikan secara statistik. Secara simultan inovasi pelayanan, e-word of mouth, dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai F-hitung sebesar 94,630 > nilai F-tabel sebesar 2,70. Besarnya pengaruh ketiga variabel bebas terhadap kepuasan konsumen ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 75,5%, sedangkan sisanya sebesar 24,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Copyrights © 2025