Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi
Vol. 5 No. 1: November 2025

Peran Engagement dalam Memediasi Pengaruh Storytelling Berbasis Kearifan Lokal di Media Sosial terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Kalimantan Selatan

Diany, Adista Anjar (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh storytelling berbasis kearifan lokal dalam konten media sosial terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke Kalimantan Selatan, dengan engagement sebagai variabel mediasi. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan metode survei terhadap 115 responden yang merupakan pengguna aktif media sosial dan memiliki ketertarikan terhadap konten pariwisata Kalimantan Selatan. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa storytelling berbasis kearifan lokal berpengaruh signifikan terhadap engagement pengguna media sosial. Engagement juga terbukti berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan. Selain itu, storytelling berbasis kearifan lokal memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap keputusan berkunjung, dan pengaruh tidak langsung melalui engagement juga signifikan. Temuan ini menegaskan bahwa konten media sosial yang mengangkat nilai-nilai lokal tidak hanya menarik perhatian, tetapi juga mampu membangun keterlibatan audiens yang pada akhirnya mendorong keputusan untuk berkunjung ke destinasi wisata.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

EKOMA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi merupakan jurnal yang diterbitkan oleh CV ULIL ALBAB CORP. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi menerbitkan artikel hasil penelitian dan kajian literatur dari bidang ekonomi, manajemen, akuntansi baik dari perspektif konvensional dan/atau Islam ...