Dalam kenyataannya, mahasiswa program studi pendidikan ekonomi di Sekolah Tinggi Perguruan dan Ilmu Pendidikan Nias Selatan masih menghadapi berbagai masalah yang berkaitan dengan proses akademis dalam mewujudkan pencapaian kelulusan sesuai dengan target waktu. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui mutu lulusan Prodi Pendidikan Ekonomi (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kelulusan mahasiswa. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan etnografi dengan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah dosen prodi pendidikan ekonomi 1 orang sebagai responden dan mahasiswa yang berjumlah 5 orang sebagai informan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui lembar wawancara. Analisis data yang dilakukan melalui tiga alur kegiatan (1) Reduksi data, (2) Model data, (3) Penarikan/verifikasi kesimpulan. Berdasarkan hasil temuan di lapangan, bahwa kualitas lulusan masih rendah di lihat dari kuantitas lulusan. Hal ini terjadi karena kendala indeks prestasi yang di ambil memengaruhi jumlah SKS yang dikontrak sehingga menunda waktu lulus dan ketidakkonsisten mahasiswa dalam menyelesaikan studi.Peneliti menyarankan (1) Hendaknya mahasiswa menjaga komitmen dan konsisten menyelesaikan studi melalui kemampuan akademik yang terlihat dalam IP dan jumlah SKS setiap semester; dan (2) Peneliti selanjutnya yang memiliki minat untuk melakukan penelitian dengan judul faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kelulusan mahasiswa sebaiknya membahas lebih dalam lagi juga dengan sumber data yang lebih banyak.
Copyrights © 2025