Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan minat belajar dengan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Mazino tahun pelajaran 2025/2026. Jenis penelitian kuantitatif melalui metode deskriptif. Populasi dan sampel adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Mazino yang berjumlah 60 orang. Hasil penelitian diperoleh uji korelasi variabel minat belajar siswa dengan kreativitas belajar siswa diperoleh sebesar 0,613 berada pada interval 0,60 – 0,799 dengan tingkat hubungan tinggi. Hasil uji hipotesis diperoleh bahwa thitung=5,915>ttabel=2,002 atau Ha diterima artinya ada hubungan minat belajar dengan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Mazino. Kesimpulan penelitian adalah semakin besar minat belajar siswa maka semakin besar pula kreativitas belajar siswa, karena kreativitas belajar merupakan perwujudan dari minat belajar siswa. Peneliti mengajukan saran, yaitu: (1) Hendaknya pihak sekolah dapat melengkapi sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan proses pembelajaran. (2) Hendaknya guru mata pelajaran ekonomi menggunakan model pembelajaran berpusat pada keaktifan siswa dalam belajar, mampu menyelesaikan tugas secaraa mandiri, mampu mengungkapkan ide baru dalam proses pembelajaran. (3) Hendaknya siswa meningkatkan minat belajar dan kreativitas belajarnya agar hasil belajar Ekonomi dapat optimal. (4) Disarankan untuk peneliti selanjutnya dapat meneliti lebih mendalam tentang variabel yang berhubungan dengan minat belajar dan kreativitas belajar sehingga dapat menyempurnakan penelitian ini.
Copyrights © 2025