Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantu media Wordwall. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 192/II Sungai Buluh dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas dua pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif dengan menghitung persentase keterlaksanaan pembelajaran guru, aktivitas siswa, dan ketuntasan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pendidik mengalami peningkatan dari kategori baik pada siklus I menjadi sangat baik pada siklus II, yang mencerminkan adanya pengelolaan kelas yang lebih optimal sesuai sintaks model STAD berbantu Wordwall. Aktivitas siswa juga meningkat, dari kategori cukup pada siklus I menjadi baik pada siklus II, yang menunjukkan keterlibatan, motivasi, dan kolaborasi siswa yang lebih tinggi. Selain itu, ketuntasan hasil belajar siswa meningkat secara signifikan, yaitu dari 65% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II. Temuan ini membuktikan bahwa penerapan model STAD berbantu Wordwall efektif dalam meningkatkan proses pembelajaran sekaligus hasil belajar siswa. Oleh karena itu, model ini dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran inovatif yang berorientasi pada pembelajaran aktif, kolaboratif, dan berbasis teknologi sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka.
Copyrights © 2025