Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 4 (2025): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

ANALISIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN KECAMATAN KALAENA

Lusina, Elkana (Unknown)
Patmaniar, Patmaniar (Unknown)
Alam, Syamsu (Unknown)
Ma'rufi, Ma'rufi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian untuk mengetahui implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran matematika di SDN Kecamatan Kalaena. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kecamatan Kalaena Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan pada semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025. Subjek dalam penelitian ini adalah guru SDN di Kecamatan Kalaena. Penentuan subjek penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini yaitu satu guru non penggerak. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan melalui Observasi, Wawancara, Dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data pada penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran matematika yang dilakukan di SDN Kecamatan Kalaena oleh guru non penggerak memenuhi 9 aspek, yaitu analisis kurikulum, tahap awal perancangan pembelajaran, motivator pembelajaran, tahap pelaksanaan awal pembelajaran, asesmen diagnostik, pelaksanaan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi aspek konten, pelaksanaan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi proses, pelaksanaan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi produk, dan tahap refleksi, (2) pada tahap pelaksanaan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi aspek konten, guru non penggerak memberikan tugas kelompok berupa LKPD yang berisi soal yang sama untuk setiap kelompok, (3) pembelajaran yang dilakukan guru non penggerak cenderung berpusat pada guru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...