Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana filsafat pendidikan humanis digunakan dalam pendidikan di MAN 1 Medan. Selain itu, penelitian ini mengungkapkan kesulitan yang dihadapi guru dan bagaimana siswa menanganinya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi dilakukan terhadap dua guru dan tiga siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan prinsip pendidikan humanis dengan melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, memberikan kebebasan untuk menyuarakan pendapat mereka, dan menciptakan lingkungan kelas yang adil dan menyenangkan. Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan strategi diskusi, kerja kelompok, dan permainan edukatif. Siswa termotivasi, merasa dihargai, dan memiliki kemampuan untuk membangun hubungan sosial yang baik. Perbedaan karakter, keterbatasan waktu, dan sarana prasarana adalah masalah yang muncul. Secara keseluruhan, menerapkan pendidikan humanis memiliki dampak positif, tetapi memerlukan komitmen.
Copyrights © 2025