Kurikulum Merdeka belajar bertujuan meningkatkan kompetensi lulusan dengan membekali mahasiswa soft skill maupun hard skill yang dibutuhkan oleh dunia kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan latar alamiah yang bertujuan menerjemahkan fenomena yang terjadi. Penelitian ini dilakukan dengan cara yang melibatkan beberapa metode, yaitu teknik pencarian data, observasi di lapangan, serta wawancara singkat dengan beberapa sumber yang relevan. Data utama dalam penelitian ini berasal dari Guru Sejarah SMA Negeri 21 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang kurikulum belajar bebas, serta mengevaluasi metode pengajaran langsung sebagai wujud bebas di SMA negeri 21 Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang kurikulum bebas, serta mengevaluasi bagaimana metode pengajaran langsung sebagai wujud bebas digunakan di SMA negeri 21 Medan. Dari hasil pengamatan langsung inilah yang akan kami ungkapkan. Sekolah SMA Negeri 21 Medan menggunakan berbagai metode pembelajaran, termasuk ceramah, tanya jawab, diskusi, dan demonstrasi.
Copyrights © 2025