Ulil Albab
Vol. 4 No. 12: November 2025

Upaya Guru Dalam Mencegah Bullying di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan

Elya Siska Anggraini (Unknown)
Elsha Putriany Girsang (Unknown)
Mutia Arini (Unknown)
Imanuel Suranta Sembiring (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2025

Abstract

Bullying adalah masalah serius yang sering terjadi di lingkungan sekolah dan bisa merusak pikiran serta prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara guru mencegah bullying dan mengetahui respons siswa terhadap upaya tersebut. Masalah penelitian ini mencakup: pengertian bullying menurut sumber informasi, cara guru mencegah bullying, harapan guru terhadap siswa, peran orang tua dalam pencegahan, serta tanggapan siswa terhadap upaya guru. Penelitian ini menggunakan teori dari berbagai sumber yang menjelaskan bullying sebagai tindakan kekerasan yang dilakukan seseorang yang dapat menyakitiperasaan yang dilakukan dengan sengaja, berulang kali, dan terjadi karena ada perbedaan kekuatan antara pelaku dan korban. Bentuk bullying mencakup pukulan, kata-kata kasar, gerakan atau tindakan tidak jelas, dikeluarkan dari kelompok, hingga bullying melalui internet yang semakin berkembang seiring kemajuan teknologi. Hasil penelitian diharapkan memberikan pemahaman lebih dalam tentang cara guru menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman, serta menjadi pedoman bagi sekolah dalam mengembangkan program pencegahan bullying yang efektif dengan melibatkan guru, siswa, dan orang tua.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...