Bullying adalah masalah serius yang sering terjadi di lingkungan sekolah dan bisa merusak pikiran serta prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara guru mencegah bullying dan mengetahui respons siswa terhadap upaya tersebut. Masalah penelitian ini mencakup: pengertian bullying menurut sumber informasi, cara guru mencegah bullying, harapan guru terhadap siswa, peran orang tua dalam pencegahan, serta tanggapan siswa terhadap upaya guru. Penelitian ini menggunakan teori dari berbagai sumber yang menjelaskan bullying sebagai tindakan kekerasan yang dilakukan seseorang yang dapat menyakitiperasaan yang dilakukan dengan sengaja, berulang kali, dan terjadi karena ada perbedaan kekuatan antara pelaku dan korban. Bentuk bullying mencakup pukulan, kata-kata kasar, gerakan atau tindakan tidak jelas, dikeluarkan dari kelompok, hingga bullying melalui internet yang semakin berkembang seiring kemajuan teknologi. Hasil penelitian diharapkan memberikan pemahaman lebih dalam tentang cara guru menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman, serta menjadi pedoman bagi sekolah dalam mengembangkan program pencegahan bullying yang efektif dengan melibatkan guru, siswa, dan orang tua.
Copyrights © 2025