Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 12 No. 3 (2025): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar

Strategi Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Teknologi pada Mata Pelajaran Matematika di SDIT Luhur Al-Kautsar

Muthia Rahmah (Unknown)
Ayu Oktavia (Unknown)
Kanaya Ramadanti (Unknown)
Mega Selfian (Unknown)
Imelda Fransiska Aulia (Unknown)
Nurdiansyah, Elsa (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi serta mensintesis strategi pembelajaran kolaboratif berbasis teknologi yang diterapkan untuk pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar. Melalui metode Systematic Literature Review (SLR), studi ini mengkaji tujuh belas artikel ilmiah yang terkait dari berbagai sumber akademik terkemuka. Hasil sintesis menunjukkan bahwa integrasi strategi kolaboratif dengan media teknologi seperti GeoGebra, e-module interaktif, aplikasi Android, dan platform digital seperti Google Classroom dan Padlet dapat menguatkan pemahaman siswa terkait konsep-konsep matematika yang abstrak. Pendekatan ini tidak hanya menopang interaksi sosial dalam proses belajar, tetapi juga membangun lingkungan belajar yang partisipatif serta mengasyikkan. Empat tema utama ditemukan, yakni: implementasi strategi, dukungan teknologi, peran guru dalam kerangka TPACK, serta hambatan pelaksanaan. Peran guru sebagai fasilitator sangat menentukan efektivitas integrasi ini, terutama dalam mengelola dinamika kelas digital dan penggunaan teknologi secara optimal. Studi ini juga menyoroti pentingnya kesiapan infrastruktur serta pelatihan kompetensi digital bagi guru. Temuan ini memberikan landasan kuat bagi institusi pendidikan seperti SDIT Luhur Al Kautsar untuk mengembangkan transformasi pembelajaran berbasis proyek dan teknologi secara lebih strategis dan berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPSD

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Fokus dan scope Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar (JIPSD) meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi ...