Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 12 No. 3 (2025): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar

Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

Shinta Aulia Annisa (Unknown)
Wawan Shokib Rondli (Unknown)
Erik Aditia Ismaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan rata-rata pretest dan posttest siswa setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain Pre-Experimental jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian berjumlah 28 siswa yang dipilih melalui teknik saturation sampling atau sampel jenuh. Data dikumpulkan melalui tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji-t berpasangan (paired sample t-test)  dengan bantuan SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata nilai pretest dan posttest siswa setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Nilai rata-rata pretest adalah 39,64, sedangkan nilai rata-rata posttest meningkat menjadi 76,2. Nilai signifikan memperoleh sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti model Problem Based Learning efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor kemampuan berpikir krtitis siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPSD

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Fokus dan scope Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar (JIPSD) meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi ...