Kemahiran berbahasa Inggris telah menjadi persyaratan krusial untuk meningkatkan daya saing global mahasiswa farmasi di era globalisasi dan Masyarakat 5.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan membandingkan metode pengajaran bahasa Inggris yang efektif bagi mahasiswa farmasi untuk meningkatkan kompetensi internasional mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan pustaka dari berbagai jurnal yang diterbitkan dalam empat tahun terakhir. Temuan menunjukkan bahwa Bahasa Inggris untuk Tujuan Khusus (ESP), Pembelajaran Berbasis Tugas (TBL), dan Pembelajaran Campuran merupakan strategi yang paling efektif. ESP meningkatkan pemahaman terminologi farmasi, TBL meningkatkan keterampilan komunikasi dalam konteks klinis, dan Pembelajaran Campuran memberikan fleksibilitas dan akses pembelajaran yang lebih luas. Integrasi ketiga metode ini dianggap sebagai pendekatan yang paling relevan untuk meningkatkan kualitas pendidikan bahasa Inggris di institusi pendidikan tinggi terkait kesehatan.
Copyrights © 2025