MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary


Hubungan Pemberian Susu Formula Dengan Karies Gigi Pada Anak Usia 4-6 Tahun Di TK Latifa Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh

Intan Wardyna (Unknown)
Andriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2025

Abstract

Karies gigi merupakan salah satu masalah kesehatan mulut yang sering terjadi pada anak usia dini dan dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk pola pemberian susu formula yang tidak tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola pemberian susu formula dengan kejadian karies gigi pada anak usia 4–6 tahun di TK Latifa Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan desain analitik dengan pendekatan cross sectional dan melibatkan 33 anak yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner untuk mengetahui pola pemberian susu formula dan pemeriksaan indeks def-t untuk menilai tingkat keparahan karies. Analisis data dilakukan menggunakan uji chi-square dengan tingkat signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar anak memiliki pola pemberian susu formula yang kurang baik (54,5%) dan tingkat karies sangat tinggi (51,5%). Berdasarkan hasil uji statistik diperoleh nilai p = 0,003 yang menunjukkan adanya hubungan signifikan antara pola pemberian susu formula dengan kejadian karies gigi pada anak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pola pemberian susu formula yang tidak sesuai berkontribusi terhadap peningkatan risiko karies gigi pada anak usia dini, sehingga diperlukan edukasi kepada orang tua mengenai praktik pemberian susu yang benar untuk menjaga kesehatan gigi anak.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

multiple

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary is a peer-reviewed journal that aims to provide a platform for scholars, researchers, academics, and practitioners from diverse fields of study to contribute and exchange their knowledge, insights, and research findings. MULTIPLE: Journal of Global ...