Penelitian tentang pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berbasis pendekatan kontekstual bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerisasi peserta didik di Sekolah Dasar. Karena dapat menghubungkan ide-ide matematika dengan keadaan nyata di sekitar siswa, pendekatan kontekstual ini dipilih untuk membantu mereka memahami materi pelajaran lebih dalam. Penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahap—analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi—adalah metodologi yang digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan penilaian pakar media dan materi, hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dihasilkan memiliki validitas tinggi.. Selain itu, implementasi LKPD dalam pembelajaran Matematika dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan numerisasi peserta didik, hal ini dibuktikan oleh adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan sebelum dan sesudah penggunaan LKPD. Oleh karena itu, LKPD yang berbasis pendekatan kontekstual dapat dimanfaatkan sebagai alat bantu pengajaran yang efektif untuk membantu anak usia sekolah dasar meningkatkan kemampuan berhitungnya..
Copyrights © 2025