Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial
Vol. 4 No. 2 (2025): Agustus

PENGEMBANGAN LKPD MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERISASI PESERTA DIDIK

Sudi Hartono (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2025

Abstract

Penelitian tentang pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berbasis pendekatan kontekstual bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerisasi peserta didik di Sekolah Dasar. Karena dapat menghubungkan ide-ide matematika dengan keadaan nyata di sekitar siswa, pendekatan kontekstual ini dipilih untuk membantu mereka memahami materi pelajaran lebih dalam. Penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahap—analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi—adalah metodologi yang digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan penilaian pakar media dan materi, hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dihasilkan memiliki validitas tinggi.. Selain itu, implementasi LKPD dalam pembelajaran Matematika dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan numerisasi peserta didik, hal ini dibuktikan oleh adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan sebelum dan sesudah penggunaan LKPD. Oleh karena itu, LKPD yang berbasis pendekatan kontekstual dapat dimanfaatkan sebagai alat bantu pengajaran yang efektif untuk membantu anak usia sekolah dasar meningkatkan kemampuan berhitungnya..

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendis

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal pendis merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh yayasan insan cipta medan. jurnal pendis memberikan peluang kepada setiap para akademisi (baik dosen, mahasiswa dan para pendidik lainnya) yang akan menerbitkan tulisan terbaiknya. Secara garis besar tulisan ini akan memuat berbagai ...