Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus
Vol. 7 No. 2 (2023): JPKK

Implementasi Metode Direct Instruction pada Pembelajaran Vokasional Anak dengan Hambatan Pendengaran

Salim, Nida Muthia (Unknown)
Pamungkas, Bayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Anak dengan hambatan pendengaran merupakan salah satu jenis anak berkebutuhan khusus yang mengalami kehilangan kemampuan mendengar baik sebagian maupun seluruhnya. Program layanan pendidikan yang penting untuk anak dengan hambatan pendengaran salah satunya adalah keterampilan vokasional, melalui keterampilan ini mereka mampu menggali potensi yang dimiliki sehingga memiliki suatu kecakapan yang dapat digunakan untuk bekerja agar mereka dapat bertahan hidup. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam mengajarkan keterampilan vokasional pada anak dengan hambatan pendengaran adalah direct instruction. Dalam metode direct instruction guru tidak banyak menjelaskan secara verbal, tetapi mempraktikkan setiap langkahnya sehingga anak dapat memahami setiap tahapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran direct instruction pada pembelajaran keterampilan vokasional pada anak dengan hambatan pendengaran. Adapun metode yang digunakan adalah literature review. Sumber jurnal diperoleh dari database Google Scholar dan Garuda dengan publikasi terbatas pada 10 tahun terakhir. Berdasarkan data hasil review artikel, menunjukkan bahwa metode direct instruction dapat diterapkan pada berbagai pembelajaran keterampilan vokasional pada anak dengan hambatan pendengaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpkk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus merupakan jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UNP sebagai sarana publikasi ilmiah di bidang Pendidikan Kebutuhan Khusus. Jurnal akan terbit dua kali dalam satu tahun (bulan April dan November). Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus ...