Anak dengan hambatan pendengaran merupakan salah satu jenis anak berkebutuhan khusus yang mengalami kehilangan kemampuan mendengar baik sebagian maupun seluruhnya. Program layanan pendidikan yang penting untuk anak dengan hambatan pendengaran salah satunya adalah keterampilan vokasional, melalui keterampilan ini mereka mampu menggali potensi yang dimiliki sehingga memiliki suatu kecakapan yang dapat digunakan untuk bekerja agar mereka dapat bertahan hidup. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam mengajarkan keterampilan vokasional pada anak dengan hambatan pendengaran adalah direct instruction. Dalam metode direct instruction guru tidak banyak menjelaskan secara verbal, tetapi mempraktikkan setiap langkahnya sehingga anak dapat memahami setiap tahapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran direct instruction pada pembelajaran keterampilan vokasional pada anak dengan hambatan pendengaran. Adapun metode yang digunakan adalah literature review. Sumber jurnal diperoleh dari database Google Scholar dan Garuda dengan publikasi terbatas pada 10 tahun terakhir. Berdasarkan data hasil review artikel, menunjukkan bahwa metode direct instruction dapat diterapkan pada berbagai pembelajaran keterampilan vokasional pada anak dengan hambatan pendengaran.
Copyrights © 2023