Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh variabel kesiapan mengajar dan kecemasan akademik terhadap performa saat melakukan praktik mengajar pada mata kuliah microteaching. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi dan sampel yang digunakan adalah mahasiswa semester V Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan (FTIK) IAIN Kendari yang berjumlah 32 orang. Instrumen penelitian menggunakan angket dan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji korelasi dan uji regresi dengan bantuan Microsoft Excel. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa baik kesiapan mengajar maupun kecemasan akademik sama-sama memberikan pengaruh yang signifikan terhadap performa praktik mengajar, meskipun untuk kesiapan mengajar menunjukkan korelasi positif (searah) sedangkan kecemasan akademik menunjukkan korelasi negatif (berlawanan arah). Kesiapan mengajar yang tinggi dapat meningkatkan performa saat melakukan praktik mengajar, sedangkan kecamasan yang tinggi justru akan menurunkan performa. Oleh karena itu mahasiswa harus mempersiapkan diri dengan baik, sehingga mahasiswa mampu untuk mengendalikan persaan gugup dan cemas saat tampil mengajar.
Copyrights © 2023