Education and Social Sciences Review
Vol. 5 No. 1 (2024): Education and Social Sciences Review

Pengalaman pembaca di kota padang terhadap personalisasi konten berita pada portal berita online Indonesia

Fitra, Aidina (Unknown)
Arif, Ernita (Unknown)
Dewi, Rahmi Surya (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengalaman pembaca di Kota Padang terhadap personalisasi konten berita pada portal berita online di Indonesia. Dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa personalisasi konten berita dianggap sangat membantu dalam menghemat waktu dan usaha pembaca dalam menemukan berita yang relevan. Namun, terdapat kekhawatiran terkait privasi data, transparansi algoritma, dan potensi bias yang dapat memperkuat stereotip atau memarginalkan kelompok tertentu. Penelitian ini memberikan wawasan berharga untuk mengoptimalkan manfaat personalisasi konten berita sekaligus mengatasi tantangan dan risiko yang terkait dengannya. Temuan ini diharapkan dapat berkontribusi pada pengembangan praktik terbaik dan pedoman etis dalam penerapan personalisasi konten berita dengan kecerdasan buatan di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

essr

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Education and Social Sciences Review ISSN 2720-8915 (Print), ISSN 2720-8923 (Electronic) is an international, peer-reviewed journal and scientific journal publish by Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy. Educational Opinion and Social Sciences Review a multi-disciplinary, ...