Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan memiliki peran penting dalam meningkatkan kebugaran jasmani peserta didik di sekolah dasar. Namun, hasil pengamatan menunjukkan bahwa latihan kebugaran jasmani melalui materi senam irama pada peserta didik kelas V belum optimal, karena kurangnya model latihan yang menyenangkan dan menarik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model latihan kebugaran jasmani berbasis Senam Irama Pelajar Pancasila yang dilengkapi dengan musik dan video interaktif berdurasi maksimal tiga menit. Model ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas latihan, partisipasi, dan antusiasme peserta didik serta mendukung pengembangan karakter, kreativitas, dan kesehatan fisik secara menyeluruh. Pengembangan model latihan ini juga disesuaikan dengan Kurikulum Merdeka dan prinsip pembelajaran yang interaktif, sehingga mampu mendorong keterlibatan aktif peserta didik dalam pembelajaran PJOK. Penelitian ini merupakan jenis penelitian model pengembangan, dengan menggunakan penelitian pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Sasaran penelitian ini diujikan pada siswa kelas V SDN Sidodadi, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo. Teknik pengumpulan data berupa validasi angket. Analisis hasil penelitian menunjukkan kelayakan meliputi: (1) Dapat dibuktikan dari hasil angket validator materi, dengan persentase 96,05%. (2) Dari hasil angket validator media dengan persentase 81,70%, maka produk dapat digunakan. Saran dalam memanfaatkan model pengembangan ini, bisa dimasukkan materi latihan kebugaran jasmani pada mata pelajaran PJOK.
Copyrights © 2025