Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 6 No. 2 (2025): Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika

Pengaruh Motivasi, Minat, Dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika

Raga, Ira Rosmiati (Unknown)
Mayun Erawati Nggaba (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2025

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar, minat belajar, dan gaya belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus Integral di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Kristen Wira Wacana Sumba. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain asosiatif kausal dan melibatkan 38 mahasiswa yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Data diperoleh melalui angket motivasi, minat, dan gaya belajar serta tes kemampuan pemahaman konsep matematis, kemudian dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS V31. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar (Sig. = 0,006), minat belajar (Sig. = 0,026), dan gaya belajar (Sig. = 0,039) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis, dengan kontribusi ketiganya sebesar 63%. Hal ini menunjukkan bahwa ketiga faktor tersebut berperan penting dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa memahami konsep matematika secara mendalam dan sistematis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JFi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika berisi artikel-artikel mengenai pendidikan matematika yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dalam bidang Pendidikan Matematika ...