Ulil Albab
Vol. 4 No. 12: November 2025

Peranan Guru dalam Menanamkan Karakter Siswa Lewat Nilai-Nilai Pancasila di SMK Negeri 1 Patumbak

Anggraini, Elya Siska (Unknown)
Larasati, Dinda Dewi (Unknown)
Damanik, Mhd Fauzi (Unknown)
Simanungkalit, Riyanty Ruth Melaty Angel (Unknown)
Kaban, Yeza Pebina (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2025

Abstract

Pendidikan karakter merupakan elemen penting dalam struktur pendidikan kontemporer, di mana guru pendidikan pancasila memiliki peran sentral dalam pembentukan karakter siswa. Sebagai pilar utama dalam pengembangan nilai-nilai moral dan etika, pendidikan karakter bertujuan untuk mengarahkan siswa dalam memahami dan menginternalisasi prinsip-prinsip fundamental yang mendasari kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Artikel ini membahas peran guru dalam membangun karakter siswa dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila di sekolah. Guru tidak hanya bertindak sebagai guru yang mengajar siswa, tetapi juga bertindak sebagai teladan yang membentuk sikap, etika, dan kepribadian mereka. Metode yang digunakan adalah melakukan penelitian literatur dengan meninjau penelitian sebelumnya tentang pendidikan karakter berbasis Pancasila. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai Pancasila seperti religiusitas, kemanusiaan, persatuan, demokrasi, dan keadilan sosial dapat diwujudkan melalui pembelajaran di kelas dan kegiatan ekstrakurikuler serta budaya sekolah. Sangat penting bagi guru untuk memberikan contoh nyata, mendorong perilaku baik, dan memasukkan nilai-nilai ini ke dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, pendidikan berbasis Pancasila memainkan peran yang signifikan dalam pembentukan karakter.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...