JKMS : Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 13 No 2 (2024): Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS)

KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DI CARAKA CORP SEBAGAI DRIVER PENGEMBANGAN UMKM BERKELANJUTAN

Zaman, Kamar (Unknown)
Saputra, Hendra Eka (Unknown)
Hardianti, Fitri (Unknown)
Elsarena, Mai Sela Rosa (Unknown)
Khairiah, Khairiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Caraka Creative Hub atau Caraka Corp merupakan wirausaha sosial yang menyediakan jasa konsultasi dan pengembangan bisnis di Provinsi Riau. Sebagai organisasi sosial yang bertekad membangun pusat aktivitas untuk anak muda, saat ini Caraka Corp menaungi banyak komunitas-komunitas sosial dan secara aktif terlibat dalam pengembangan UMKM di Provinsi Riau melalui pemberian pelatihan dan pembinaan UMKM. Namun siapa sangka sosok dibalik kesuksesan caraka Corp dalam menggerakkan dan memberdayakan UMKM dilatarbelakangi oleh kepemimpinan perempuan yang sangat berperan di dalam keberlanjutan UMKM di Provinsi Riau. Penelitian ini menganalisis faktor kepemimpinan perempuan dan iklim organisasi di Caraka Corp. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian kepemimpinan dianalisis dengan 3 pendekatan, yaitu pendekatan sifat, pendekatan gaya, dan pendekatan kontigensi. Secara umum sistem kepemimpinan yang diterapkan Caraka Corp adalah sistem kepemimpinan demokratis partisipatif yang membentuk iklim organisasi yang menekankan pada asas kekeluargaan, keterbukaan, kerjasama tim, dan mendorong anggota organisasinya untuk tumbuh dan berkembang bersama organisasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JKMS

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) accepts all research and scientific papers from researcher, academics, practitioners who work in the field of media and communication applied studies which may include to these fields: Journalism Public relations Phenomenology Studies Marketing Communication ...