Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan internalisasi nilai karakter pada kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler Pramuka di sekolah. Metode dalam penelitian menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif untuk mengidentifikasi peran kegiatan Pramuka sebagai instrumen pembentukan karakter di SDN Pekuncen 02. Pengumpulan data melalui data primer diperoleh melalui serangkaian teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data sekunder diperoleh melalui analisis dokumen seperti profil sekolah, visi, dan misi sekolah, program-program pramuka gugus depan. Keabsahan data diverifikasi melalui triangulasi sumber dan metode untuk memastikan keandalan dan kevalidan hasil penelitian, kemudian dianalisis secara teliti melalui proses pengumpulan data, reduksi, display data dan verifikasi untuk di simpulkan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa melalui kegiatan ekstrakurikuler kepramukaaan siswa dibentuk untuk memiliki karakter yang mencakup nilai-nilai karakter seperti kerjasama, kerja keras, kemandirian, disiplin, dan kepedulian terhadap sesama. Pembelajaran ekstrakurikuler pramuka di sekolah menggunakan banyak metode pembelajaran yang menggabungkan antara belajar dan bermain sehingga kegiatan Pramuka menjadi lebih menyenangkan dan menarik bagi siswa sehingga internalisasi karakter pada kegiatan pramuka menjadi lebih efektif dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: internalisasi; nilai karakter; ekstrakurikuler pramuka.
Copyrights © 2024