SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis
Vol 21, No 2 (2025): SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis

PENGARUH MUSIK LATAR TERHADAP POLA BELANJA KONSUMEN DENGAN DURASI BELANJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA SUPERMARKET DI KABUPATEN CIREBON

Suryani, Indri (Unknown)
Badawi, Badawi (Unknown)
Yulianty, Puspa Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2025

Abstract

Perubahan gaya hidup masyarakat modern memengaruhi perilaku konsumen saat berbelanja di supermarket, di mana suasana lingkungan seperti musik latar memiliki peran dalam membentuk pengalaman konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh musik latar (X) terhadap pola belanja konsumen (Y) dengan durasi belanja (Z) sebagai variabel mediasi pada konsumen supermarket di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis data melalui SmartPLS versi 4. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak 100 responden yang merupakan konsumen aktif supermarket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa musik latar berpengaruh signifikan terhadap pola belanja konsumen, baik secara langsung maupun melalui mediasi durasi belanja. Temuan ini memperkuat pentingnya pengelolaan suasana toko untuk memaksimalkan perilaku pembelian konsumenKata kunci: Musik latar, Pola Belanja, Durasi Belanja, Supermarket

Copyrights © 2025