Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik materi hormat dan patuh kepada orsng tua dan guru berbasis problem based learning di SMP Negeri 1 Bajo. 2) Untuk mengetahui validitas Lembar Kerja Peserta Didik materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru berbasis Problem Based Learning (PBL) di SMP Negeri 1 Bajo. 3) Untuk mengetahui kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru berbasis Problem Based Learning (PBL) kelas VIII di SMP Negeri 1 Bajo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ini adalah R&D (Research and Development). peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahap pengembangan yaitu tahap analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Bajo. Subjek dalam penelitian ini yaitu ahli media, ahli materi, guru dan peserta didik kelas VIII.4 tahun ajaran 2022/2023. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, angket validasi produk kepada ahli media dan ahli materi, uji praktisi oleh guru Pendidikan Agama Islam, dan angket respon siswa oleh 25 peserta didik SMP Negeri 1 Bajo. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini ialah: 1) Hasil anasilisi kebutuhan dihasilkan bahwa peserta didik membutuhkan Lembar Kerja Peserta Didik materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru yang di implementasikan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) agar peserta didik terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. 2) Hasil tahap desain dihasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru dengan model pembelajaran berbasis masalah atau Problem based Learning 3) Hasil uji validitas oleh ahli media diperoleh persentase 79% dan ahli materi diperoleh 93% sehingga LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid. 3) hasil dari uji kepraktisan guru Pendidikan Agama Islam diperolehpersentase 87,5% da hasil oleh peserta didik diperoleh persentase 92% sehingga LKPD yang dikembangkan dinyatakan praktis. Berdasrkan hasil penelitian yang peneliti lakukan menunujukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2024