Edutech: Jurnal Pendidikan dan Teknologi
Vol. 2 No. 2 (2024): Volume 2, No 2, Oktober 2024

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 266 BANTILANG LUWU TIMUR

Susanti, Susanti (Unknown)
K, Nurdin (Unknown)
Hisbullah, Hisbullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan hasil belajar PAI pada peserta didik kelas IV SDN 266 Bantilang Luwu Timur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dan subjek penelitianya adalah peserta didik kelas IV A di SDN 366 Bantilang Luwu Timur yang berjumlah 22 peserta didik. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan model pembelajaran TPS yaitu 71,68 dengan ketuntasan belajar secara klasik 75. Setelah penerapan model pembelajaran TPS hasil penelitian me nunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pesrta didik pada siklus I 79,77 dan siklus II sebesar 83,09. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada peserta didik kelas IV SDN 266 Bantilang Luwu Timur.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edutech

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

urnal Pendidikan dan Teknologi. Sebagai jurnal yang multidisiplin, fokus dan cakupan pada Jurnal Ilmiah ini berisi tentang hasil penelitian dan kajian teori dalam pembelajaran, pengajaran, pengembangan pengajaran dan pembelajaran serta penggunaan aplikasi pembelajaran berbasis teknologi dalam bidang ...