Penelitian ini membahas tentang pengembangan E-Modul dengan ilustrasi animasi untuk meningkatkan pemahaman terhadap penggunaan bahan ajar materi taharah di Kelas IV SDN 271 Saparu Kecematan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui tahapan pengembangan E-Modul bergambar animasi materi taharah kelas IV di SDN 271 Saparu, 2) Untuk mengetahui validitas E-Modul bergambar animasi materi taharah kelas IV SDN 271 Saparu, 3) Mengetahui kepraktisan E-Modul bergambar animasi untuk kelas IV SDN 271 Saparu. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian R&D (Research & Development) dengan model pengembangan ADDIE yang disingkat menjadi 1) Tahap Analisis, 2) Tahap Desain, 3) Tahap Pengembangan, 4) Tahap Implementasi, 5) Tahap Evaluasi. Subjek dalam penelitian ini peserta didik kelas IV SDN 271 Saparu Kecematan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-modul bergambar animasi meningkatkan pemahaman materi taharah dinyatakan Valid berdasarkan penilaian oleh validator dengan presentase 90% ahli media, 95% ahli materi, 80,33% ahli bahasa, kemudian praktikalitas oleh kuesioner guru memperoleh presentase 100% dan kuesioner respons praktikalitas peserta didik 92,30%, yang keduanya dikategorikan sangat praktis digunakan untuk pembelajaran. E-Modul berilustrasi animasi untuk pendidikan agama Islam ini berpotensi menjadi alat pembelajaran yang bermanfaat..
Copyrights © 2025