Jurnal of Applied Multimedia and Networking
Vol 8 No 2 (2024): Journal of Applied Multimedia and Networking

Analisis Perbandingan Teknik Optimasi Occlusion Culling & LOD Group Pada Game VR Mahakarya Vokasi Dengan Perangkat VR Oculus Quest 2

Kusuma, Anandika Prima Bayu (Unknown)
Riwinoto, Riwinoto (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja grafis dalam pengembangan game VR Mahakarya Vokasi dengan menggunakan teknik optimasi Occlusion Culling dan Level of Detail Group (LOD). Melalui analisis data menggunakan Profiler dan Profiler Analyzer, penulis menganalisis parameter rendering seperti Setpass Calls, Draw Calls, Batches, Triangles, Vertices, Used Texture, Render Texture, Used Buffers, dan lain-lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik optimasi Occlusion Culling dapat signifikan meningkatkan Frame Per Second (FPS) sebesar 13,26%, sementara teknik optimasi LOD tidak memberikan perubahan yang signifikan. Meskipun beberapa parameter tidak menunjukkan perubahan yang signifikan, penting untuk terus memantau dan mengoptimalkan parameter ini untuk menjaga kinerja game secara optimal. Penelitian ini memberikan panduan yang jelas bagi pengembang game VR dengan gameplay adventure dalam memilih teknik optimasi yang tepat untuk menciptakan pengalaman pengguna yang lebih stabil dan responsif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JAMN

Publisher

Subject

Arts Decision Sciences, Operations Research & Management Education Other

Description

Journal of Applied Multimedia and Networking (JAMN) is a journal published by Study Program of Multimedia and Networking, Politeknik Negeri Batam. The JAMN is issued 2 times a year in electronic form. The electronic pdf version is accessible on the internet free of charge. We encourage all ...