Pelaksanaan manajemen kelas merupakan suatu proses untuk menciptakan dan mempertahankan suasana kelas agar tetap kondusif dalam kegiatan belajar mengajar, hal ini akan berdampak terhadap meningkatnya motivasi belajar siswa agar tetap semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Motivasi merupakan dorongan dari setiap diri individu maupun individu lainnya agar mampu melakukan sesuatu dengan bersungguh-sungguh, oleh karena itu motivasi sangat di perlukan dalam kegiatan pembelajaran agar seseorang dapat mengikuti proses belajar mengajar secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya di SMP Bina Dharma Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriftif yang lebih disesuaikan dengan rumusan masalah dan proporsisi, metode penelitian kualitatif merupakan metode penelitian yang lebih menekankan terhadap aspek pemahaman secara mendalam terhadap suatu masalah, subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik dan guru kelas. Sedangkan objek penelitian ini adalah Implementasi Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di SMP Bina Dharma Jakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan analis data dilakukan dengan reduksi data, trigulasi, penyajian data dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini di dapat presentase secara keseluruhan dalam implementasi manajemen kelas sebesar 76,75 % ini tergolong cukup baik dalam implementasi manajemen kelas sehingga dapat disimpulkan implementasi manajemen kelas di SMP Bina Dharma sudah berjalan baik serta perlu di tingkatkan dan berdampak secara signifikan pada prestasi siswa dan prestasi lembaga pendidikan.
Copyrights © 2025