Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan ekstrakurikuler tari Erai- Erai serta perannya sebagai media pelestarian seni tradisional di SMP Negeri 1 Pulau Pinang. Tari Erai-Erai merupakan salah satu warisan budaya tak benda dari Kabupaten Lahat yang mengandung nilai-nilai filosofis seperti rasa syukur, persatuan, dan keakraban. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian terdiri dari guru pembina ekstrakurikuler dan siswa yang mengikuti kegiatan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrakurikuler tari Erai-Erai direncanakan dan dilaksanakan secara sistematis dengan metode pembelajaran demonstrasi. Kegiatan ini mendapat antusiasme tinggi dari siswa serta dukungan penuh dari pihak sekolah. Selain melatih keterampilan menari, kegiatan ini juga menanamkan nilai-nilai tradisional dan memperkuat identitas budaya lokal pada peserta didik. Ekstrakurikuler ini berperan penting dalam pelestarian seni tradisional melalui pendidikan budaya, keterlibatan siswa dalam berbagai pertunjukan, serta peningkatan kesadaran terhadap pentingnya menjaga warisan budaya. Dengan demikian, ekstrakurikuler tari Erai-Erai tidak hanya berfungsi sebagai wadah pengembangan bakat, tetapi juga sebagai sarana strategis dalam menjaga keberlangsungan budaya lokal di kalangan generasi muda.
Copyrights © 2025