Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematis peserta didik di SDN 020 Lengkong Besar Bandung, khususnya di kelas III. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematis peserta didik (2) mengetahui peningkatan penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi wordwall dengan yang menggunakan model konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN 020 Lengkong Besar Bandung yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi wordwall, dan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan hasil hipotesis menggunakan uji-t (paired simple t-test) dan diperoleh hasil signifikan sebesar <0,000 maka Hₐ diterima, ini membuktikan adanya pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik dan hasil uji hipotesis kedua menunjukan hasil yang signifikan berdasarkan hasil uji N-Gain memperlihatkan bahwa peningkatan hasil belajar matematis pada kelas eksperimen mencapai 0,68 (kategori sedang), lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang hanya sebesar 0,37. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dan peningkatan yang besar pada penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi wordwall terhadap hasil belajar peserta didik kelas III Sekolah Dasar.
Copyrights © 2025