Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 4 (2025): Irje 2025

Evaluasi Sediaan dan Uji Koefisien Fenol Disinfektan Pembersih Lantai pada Produk X dengan Kandungan Benzalkonium Klorida

Maharani, Sherin Anindhia (Unknown)
Prabu, Ginanjar (Unknown)
Susilawati, Anissa (Unknown)
Andini, Risty (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2025

Abstract

Infeksi nosokomial merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang serius, terutama yang disebabkan oleh Staphylococcus aureus. Tingginya prevalensi infeksi ini mendorong perlunya disinfektan yang efektif untuk menjaga kebersihan lingkungan, terutama di rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini untuk mengevaluasi efektivitas antibakteri dari disinfektan pembersih lantai yang mengandung benzalkonium klorida menggunakan metode uji koefisien fenol. Penelitian ini dilakukan melalui pengujian mengenai uji organoleptik, uji pH, serta analisis homogenitas, viskositas produk dan koefisien fenol. Pengujian dilakukan untuk memastikan kualitas fisik dan kimia dari sediaan serta untuk menilai kemampuan disinfektan dalam membunuh Staphylococcus aureus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disinfektan pembersih lantai produk tersebut memenuhi standar dalam uji organoleptik, pH, homogenitas, dan viskositas, menunjukkan bahwa produk ini stabil dan efektif. Produk tersebut juga memiliki nilai koefisien fenol yang signifikan, lebih tinggi dibandingkan produk sejenis di pasaran. Disinfektan pembersih lantai yang diuji dapat direkomendasikan sebagai produk efektif dalam sanitasi untuk mengurangi risiko infeksi nosokomial di lingkungan kesehatan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...