Rendahnya hasil belajar matematika peserta didik disebabkan karena kurangnya inovasi guru dalam memberikan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan agar dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII E SMP Negeri 8 Mataram pada tahun ajaran 2024/2025 dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Adapun jenis penelitiaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dibagi kedalam 3 siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika peserta didik dengan pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Hal tersebut dibuktian dengan peningkatan yang diperoleh pada tiap siklus. Siklus pertama (I) ketuntasan belajar 59% dengan jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan sejumlah 21 orang, dilanjutkan pada siklus kedua (II) dengan persentase ketuntasan belajar 75% dengan jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan sejumlah 27 orang, dan terakhir siklus ketiga (III) ketuntasan belajar 95% dengan jumlah peserta didik yang telah mencapai ketuntasan belajar sejumlah 34. Maka berdasarkan hasil tindakan dan uraian tersebut bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII E SMP Negeri 8 Mataram tahun ajaran 2024/2025. Kata Kunci : Hasil belajar matematika, Problem Based Learning.
Copyrights © 2025