Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 4 (2025): November

Pengaruh Media Pembelajaran Batang Napier Terhadap Pemahaman Konsep Perkalian Siswa Kelas IV SDN 13 Ampenan

Nurmanita, Novia (Unknown)
Mansur Hakim (Unknown)
Muhammad Syazali (Unknown)
Hikmah Ramdhani Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran batang Napier terhadap pemahaman konsep perkalian siswa kelas IV SDN 13 Ampenan. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 13 Ampenan yang berjumlah 111 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes uraian dan lembar observasi terhadap pelaksanaan penggunaan batang Napier. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t sampel independen (independent sample t-test) pada taraf signifikansi 0,05. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran batang Napier berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep perkalian siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di SDN 13 Ampenan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...