Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 4 (2025): November

Pengembangan Media Big Book Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Suku Sasak

Mutmainah, Anita (Unknown)
Hariana Intiana, Siti Rohana (Unknown)
Rahmatih, Aisa Nikmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2025

Abstract

Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Big Book BahasaIndonesia berbasis kearifan lokal suku Sasak yang valid dan praktis untukpembelajaran di kelas II SDN 48 Cakranegara. Jenis penelitian yang digunakanadalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa media Big Book Bahasa Indonesia berbasis kearifanlokal suku Sasak dinyatakan sangat valid dan sangat praktis. Hal ini sesuai denganhasil setiap tahap pengembangan. Pada tahap analisis (analysis), dilakukanidentifikasi kebutuhan peserta didik dan permasalahan dalam pembelajaran BahasaIndonesia. Tahap desain (design) mencakup perancangan Big Book mulai daripemilihan tema cerita berbasis kearifan lokal suku Sasak hingga tata letak gambardan teks. Tahap pengembangan (development) dilakukan dengan mencetak desainmedia dan melakukan validasi. Hasil validasi menunjukkan nilai dari ahli mediasebesar 93% dan ahli materi 89%, keduanya berada pada kategori sangat valid. Padatahap implementasi (implementation), media Big Book diujicobakan dalampembelajaran di kelas II. Respon guru terhadap penggunaan media mencapai 95%dan respon peserta didik 92%, menunjukkan kategori sangat praktis. Tahap evaluasidilakukan untuk menilai tingkat kevalidan dan kepraktisan media serta melakukanrevisi akhir agar layak digunakan dalam pembelajaran. Dengan demikian, mediaBig Book Bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal suku Sasak yang dikembangkanmelalui tahapan ADDIE terbukti sangat valid dan sangat praktis digunakan dalamproses pembelajaran di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...