Masalah dalam penelitian ini adalah penerapan pendidikan inklusi di Lembaga PAUD masih menghadapi berbagai kendala struktural dan teknis. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran manajemen kesiswaan di TKIT Al Firdaus yang menerapkan pendidikan tanpa diskriminasi. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan jenis pendekatan fenomenologi. Penelitian dilakukan di TKIT Al Firdaus. Sumber data dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru pendamping, guru kelas, siswa normal, orang tua siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa manajemen kesiswaan sekolah inklusi di TKIT Al Firdaus dimulai dari kegiatan observasi untuk setiap anak berkebutuhan khusus yang mendaftar, semua anak berkebutuhan khusus diterima di TKIT Al Firdaus, setiap anak mendapatkan terapi secara rutin dari sekolah, serta standar kelulusan anak bukan dari capaian akademik melainkan dari progress perkembangan anak. Kata kunci : Manajemen Kesiswaan, Pendidikan Inklusi, Sekolah Inklusi
Copyrights © 2025