Jurnal Pelita PAUD
Vol 8 No 1 (2023): Jurnal Pelita PAUD

Pengembangan Desain Media Pembelajaran Motorik Halus Berupa Maze di Telkom Schools Daycare Dayeuh Kolot

Bahri, Nurul Fitriana (Unknown)
Salsa Billa, Meuthia (Unknown)
Yunidar, Dandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2023

Abstract

Motorik halus merupakan kemampuan penting dalam perkembangan anak-anak, yang melibatkan koordinasi mata dan tangan, kreativitas, dan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berupa maze yang dirancang khusus untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak-anak di Telkom Schools Daycare Dayeuh Kolot. Penelitian ini menerapkan pendekatan pengembangan desain yang melibatkan analisis kebutuhan, desain konten dan tampilan yang sesuai dengan karakteristik anak-anak usia dini, pengembangan media pembelajaran maze, implementasi di lingkungan Daycare, serta evaluasi efektivitasnya. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik analisis data deskriptif menggunakan metode Root Cause Analysis (RCA). Hasil evaluasi menunjukkan bahwa media pembelajaran maze berhasil meningkatkan keterampilan motorik halus anak-anak secara signifikan. Hasil penelitian ini adalah analisis keefektifan hasil penggunaan desain alat permainan edukatif berbentuk maze dengan konsep memberi makan hewan yang digunakan untuk menstimulasi perkembangan motorik halus anak usia dini di Telkom School Daycare. Penelitian ini memberikan kontribusi positif dalam pengembangan pendidikan motorik halus di Telkom School Daycare Dayeuh Kolot serta dapat diadopsi sebagai model pembelajaran interaktif di berbagai lembaga pendidikan anak usia dini lainnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pelitapaud

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Pelita PAUD is a national scientific journal published by the Department of Early Childhood Education, Universitas Muhammadiyah Kuningan which contains the results of research that is raised from theoretical studies and results of research in the field of Early Childhood Education. Journal ...