Jurnal Pelita PAUD
Vol 8 No 2 (2024): Jurnal Pelita PAUD

Evaluasi Program PAUD Holistik Integratif dengan Model CIPP di PAUD Eunike Lobalain

Logo Radja, Petrus (Unknown)
D. Saefatu , Irony (Unknown)
Lopo, Retno (Unknown)
Tse , Esterina (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 May 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana penerapan program layanan PAUD HI pada Pendidikan Anak Usia Dini Eunike Lobalain di Kabupaten Rote Ndao serta untuk mengetahui hasil evaluasi program layanan PAUD HI dengan model CIPP di PAUD Eunike Lobalain Kabupaten Rote Ndao. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode evaluasi. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian: 1) Evaluasi Konteks : Adanya pemahaman yang baik tentang latar belakang pelaksanaan program PAUD HI, kebutuhan, tujuan, dan sasaran program PAUD HI 2) Evaluasi Input : Program layanan PAUD HI pada PAUD Eunike didukung dengan adanya sumber daya yang memadai seperti kerjasama dengan berbagai pihak terkait program PAUD HI, serta Rencana Program dalam menanggulangi kendala-kendala yang ditemui pada pelaksanaan program PAUD HI. 3) Evaluasi Proses: dalam prosesnya Program layanan PAUD HI pada PAUD Eunike ini telah terlaksana dengan baik dan sesuai dengan yang telah diprogramkan seperti implementasi kerjasama dengan berbagai pihak, serta pengembangan program yang disesuaikan dengan kebutuhan. 4) Evaluasi Produk: Produk atau luaran, keuntungan serta dampak yang dihasilkan dari Program Layanan PAUD HI pada PAUD Eunike meliputi layanan pendidikan, kesehatan, Gizi, perlindungan dan pengasuhan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pelitapaud

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Pelita PAUD is a national scientific journal published by the Department of Early Childhood Education, Universitas Muhammadiyah Kuningan which contains the results of research that is raised from theoretical studies and results of research in the field of Early Childhood Education. Journal ...