Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja dan Administrasi Pelayanan Publik
Vol 12, No 1 (2009)

Peran Pustakawan Dalam Meningkatkan Pelayanan Perpustakaan

Christina, Rina (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2020

Abstract

Menilik bahwa pelayanan perpustakaan perlu ditingkatkan, mengingat setiap perpustakaan harus menyediakan bahan pustaka secara tepat dan akurat sesuai dengan kebutuhan pengguna jasa layanan perpustakaan. Dalam hal ini layanan perpustakaan merupakan citra dari suatu perpustakaan .Dengan kata lain per indentik dengan layanan, karena tidak ado perpustakaan jika tidak ada kegiatan layanan, sebab bagaimanapun hebatnya suatu perpustakaan apabila layanannya sangat buruk, maka citra perpustakaan itupun akan sangat buruk, begitu juga sebaliknya. Untuk meningkatkan pelayanan perpustakaan maka peranan pustakawan dalam hal ini perlu ditingkatkan, karena pustakawan merupakan penggerak dan penyelenggara kegiatan layanan perpustakaan. Pustakawan dituntut cekatan, terampil, ramah, berwawasan luas, rajin, cepat tanggap, siap membantu pengguna dalam menemukan informasi yang dibutuhkannya serta aktif kreatif melakukan pengembangan diri dalam rangka meningkatkan pelayanan perpustakaan, selain itu kompensasi yang harus dilakukan seorang pustakawan dalam meningkatkan pelayanan perpustakaan adalah berkemampuan untuk mengelola informasi sehingga ditemukan kembali ketika dibutuhkan, mampu menyampaikan materi yang terkait dengan literasi informasi kepada pengguna, berkemampuan interpersonal dan intrapersonal.

Copyrights © 2009






Journal Info

Abbrev

jwk

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

This journal focuses on disseminating problems and issues in public administration and public policy. Published journal article of Jurnal Wacana Kinerja covers areas, including: Public sector human resource management; Public sector organization; Public sector management; Public sector innovation; ...